Apakah Kalian Ingin Tahu Cara Meredakan Sakit Gigi?

Gigi berlubang merupakan salah satu tanda gigi Anda tidak sehat. Kondisi ini bisa memicu timbulnya rasa sakit gigi. Kondisi ini dapat diatasi dengan penanganan tepat sesuai tingkat keparahannya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit gigi berlubang, antara lain:

1. Kumur Air Garam

Salah satu cara mengobati sakit gigi yang paling cepat dan ampuh, apa pun penyebabnya, adalah dengan berkumur air garam. Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi.

2. Kompres Es

Cara mengobati sakit gigi lainnya adalah dengan kompres es. Masukkan beberapa bongkah es dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis.Tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit.

3. Kunyah Bawang Mentah

Cara mengobati sakit gigi yang satu ini bisa Anda coba. Bawang merah dan bawang putih adalah obat sakit gigi alami yang belum banyak diketahui orang-orang. Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya. Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya.

4. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh adalah obat herbal yang sudah lama digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi alami. Minyak ini mengandung senyawa eugenol sebagai zat anestesi alami yang disinyalir bisa membantu “mematikan saraf” sementara. Namun, hati-hati sebelum menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi. Sembarangan menuang minyak cengkeh di mulut, bisa-bisa rasa sakitnya akan semakin parah jika sampai menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.


Untuk mencegah terjadinya sakit gigi, disarankan untuk membersihkan gigi secara rutin agar tidak ada bakteri yang menumpuk dan membuat gigi bertambah sakit. benang gigi (dental floss) untuk membersihkan makanan yang tersangkut di sela gigi dan cobalah lakukan beberapa cara meredakan sakit gigi di atas, Jika sakit gigi bertambah parah, segera berkonsultasi ke dokter gigi.

Referensi :

dr. Kevin Adrian. 16 Januari 2019. Apakah Kalian Ingin Tahu Cara Meredakan Sakit Gigi?   

(https://www.alodokter.com/ini-cara-meredakan-sakit-gigi-yang-ampuh)