Pencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung yang disebabkan oleh kelainan tidak dapat dicegah. Namun demikian, banyak jenis penyakit ini yang dapat dicegah, dengan menjalani pola hidup sehat. Selain sebagai pencegahan, pola hidup sehat di bawah ini juga dapat membantu pasien penyakit jantung:

  • Berhenti Merokok.

Rokok adalah faktor risiko utama penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner.

  • Rutin Membersihkan Diri.

Lakukan pemeriksaan rutin terkait kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Ketahui kadar normal pada tiga kondisi tersebut, yaitu:

  • Tekanan Darah

Tekanan darah normal adalah di bawah 120/80 mm Hg.

  • Kadar Kolestrol Jahat

Pada umumnya, kadar LDL normal adalah di bawah 130 mg/dL. Namun pada orang dengan faktor risiko penyakit jantung, kadar LDL sebaiknya berada di bawah 100 mg/dL. Sedangkan pada individu dengan penyakit jantung atau diabetes, kadar LDL disarankan di bawah 70 mg/dL.

  • Kadar Gula Rendah

Kadar gula darah normal umumnya kurang dari 100 mg/dL setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya 8 jam, dan kurang dari 140 mg/dL 2 jam setelah makan.

  • Latihan atau Olahraga Rutin.

Selain membantu menjaga kesehatan, latihan rutin selama 30-60 menit sehari dapat membantu mengontrol tekanan darah, serta kadar kolesterol dan gula darah. Akan tetapi, pada pasien aritmia dan kelainan jantung bawaan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai durasi latihan yang aman.

  • Konsumsi Makanan Sehat.

Perbanyak konsumsi buah, sayuran, gandum, dan lemak omega-3. Ketahui juga batas kandungan kalori dalam makanan yang dikonsumsi, dan usahakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori.

  • Jaga Berat Badan Ideal.

Berat badan berlebih atau obesitas, dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.

  • Kelola Stres Dengan Baik.

Stres dalam jangka panjang dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi stres dengan menjalani aktivitas fisik. Sebagai contoh, lakukan latihan yang melibatkan teknik pernapasan dan relaksasi otot, seperti yoga. Konsultasikan dengan dokter bila Anda sering merasa bingung, tertekan, dan marah tiap kali menghadapi masalah.

  • Menjaga Kebersihan Tubuh.

Rutin mencuci tangan, menyikat gigi, dan hindari kontak dengan orang yang sedang terserang penyakit infeksi seperti flu.


Referensi :

dr. Tjin Willy. 01 Oktober 2018. Pencegahan Penyakit Jantung

https://www.alodokter.com/penyakit-jantung/pencegahan

dr. Fadhli Rizal Makarim. 21 Juni 2019. Pencegahan Penyakit Jantung                    

https://www.halodoc.com/ciri-lemah-jantung-dan-cara-mencegahnya