Cara Menjaga Kebersihan Penis

Menjaga kebersihan dapat dikatakan sebagai inti dari cara merawat penis. Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga penis senantiasa bersih dan sehat.

  • Ketika mandi, cucilah penis menggunakan air hangat. Lakukanlah tiap hari. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan tisu atau handuk bersih, baik setelah mandi maupun setelah kencing.
  • Sebaiknya jangan menggunakan sabun terlalu banyak pada penis karena dapat menimbulkan iritasi kulit penis.
  • Gosok lembut bagian kepala penis untuk membersihkannya dari penumpukan smegma. Pada dasarnya, smegma adalah pelumas alami pada kepala dan lipatan kulit penis. Namun, penumpukan smegma dapat memicu berkembangnya bakteri dan mengundang infeksi pada penis.
  • Jika penis Anda memiliki lipatan-lipatan kulit di atasnya, tarik lembut dan bersihkan bagian bawahnya. Namun, langkah ini hanya untuk pria dewasa, anak laki-laki tidak memerlukannya.
  • Jangan lupa untuk membersihkan bagian skrotum (kantong pelir). Bila tidak dibersihkan secara teratur akan timbul bau kurang sedap karena keringat menumpuk pada rambut kemaluan.
  • Periksa penis dan skrotum sendiri dengan merabanya. Langkah ini berguna untuk mendeteksi apakah terjadi perubahan pada daerah ini, seperti adanya benjolan. Jika ditemukan benjolan atau perubahan yang tidak normal, jangan malu untuk segera memeriksakan ke dokter.
  • Keringkan dengan baik setelah selesai membersihkan penis, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik dan menyeluruh. Tapi jangan taburkan bedak atau semprotkan deodoran di area sensitif Anda. Ini akan menyebabkan iritasi kulit.
  • Pilih celana dalam yang berbahan katun untuk digunakan sehari-hari. Namun jangan gunakan celana yang terlalu ketat. Pilihlah jenis celana dalam yang sesuai dengan ukuran Anda. Celana dalam yang terlalu ketat hanya akan meningkatkan suhu di sekitar testis. Peningkatan suhu testis akan berpengaruh pada produksi sperma. Dan ketika Anda berolahraga pilihlah jenis celana dalam yang didesain khusus untuk berolahraga, dengan bahan yang nyaman dan cenderung menjaga area intim Anda tetap berada pada kadar kelembapan yang seharusnya.
  • Jangan lupa bersihkan testis dan rambut kemaluan Jangan lupa untuk bersihkan area pangkal penis, termasuk testis dan rambut kemaluan. Dua lokasi ini menyimpan keringat dan minyak paling banyak yang bisa menjadi biang keladi bau menyengat di area selangkangan Anda. Maka, daerah ini perlu sering-sering dicuci. Terlebih selangkangan sering tertutupi oleh pakaian dalam hampir sepanjang hari.

Cara merawat penis di atas sebaiknya diiringi dengan gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, membatasi konsumsi minuman keras, makan makanan bergizi dan seimbang, serta berolahraga secara rutin.


Referensi :

dr Tania Savitri. 04 September 2018. Menjaga Kebersihan Penis

dr. Kevin Adrian. 12 Maret 2018. Menjaga Kebersihan Penis

https://hellosehat.com/hidup-sehat/seks-asmara/panduan-praktis-untuk-membersihkan-penis/ 

https://www.alodokter.com/bagaimana-cara-merawat-penis