Bagaimana Cara Menjaga Payudara Tetap Sehat?

Menjaga kesehatan payudara Anda dengan memperhatikan hal-hal dibawah ini :

1. Berhenti Merokok
Kandungan yang ada di dalam rokok tidak hanya bisa menyebabkan kanker paru-paru, tapi juga bisa kanker payudara pada wanita. Sebuah penelitian mengungkapkan, wanita yang aktif merokok lebih berisiko untuk terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

2. Batasi Konsumsi Minuman Beralkohol
Memiliki payudara sehat hanya menjadi impian semata bila Anda terus mengonsumsi minuman beralkohol. Mengonsumsi sekitar dua sampai tiga gelas minuman beralkohol setiap harinya akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 20 persen.

3. Konsumsi Makanan Sehat
Menerapkan pola makan sehat dengan mengutamakan konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, juga dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, hindari konsumsi makanan berlemak dan daging olahan.

4. Rutin Berolahraga
Rutin berolahraga juga terbukti mampu mencegah kanker payudara. Menurut penelitian wanita yang jarang atau tidak pernah melakukan olahraga memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara. Maka dari itu, luangkan waktu sejenak untuk melakukan olahraga dengan intesitas sedang, minimal 2,5 jam per minggu.

Sebagai langkah pencegahan, penting untuk melakukan pemeriksakan payudara ke dokter setiap tahun atau sesuai jadwal yang sudah direkomendasikan dokter sebelumnya.

Payudara termasuk salah satu bagian penting pada tubuh seorang wanita, sehingga perlu dijaga kesehatannya. Dan ingat untuk selalu melakukan pemeriksaan payudara sendiri di rumah. Apabila terjadi perubahan yang tidak normal pada payudara, segera konsultasikan ke dokter.


Referensi : 

dr. Kevin Adrian. 27 Desember 2018. Bagaimana Cara Menjaga Payudara Tetap Sehat?

(https://www.alodokter.com/payudara-sehat-ini-kuncinya)