Apa Saja Penyebab dan Pencegahan Osteoporosis ?


Penyebab Terjadinya Osteoporosis

Kondisi tulang keropos atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis adalah kondisi di mana tubuh kehilangan banyak jaringan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan keropos. Osteoporosis terjadi saat tulang kehilangan mineral, dalam hal ini kalsium, lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan tubuh menggantikannya sehingga massa tulang jadi berkurang dan mudah patah. Pada kondisi yang lebih serius, tulang tersebut bahkan mungkin saja menjadi sangat rapuh dan mudah patah hanya karena benturan ringan. 

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab tulang keropos/osteoporosis:

1. Ketidakseimbangan Hormon 

Terdapat beberapa hormon yang berperan dalam meningkatkan masa tulang, diantaranya hormon kalsitonin, paratiroid, dan hormon pertumbuhan. Hormon-hormon inilah yang bertugas dalam penggunaan kalsium oleh tulang serta menentukan kapan waktunya membentuk dan menghancurkan tulang. 

2. Kurangnya Kadar Kalsium 

Keberadaan kalsium dalam darah sangat dibutuhkan oleh beberapa organ seperti jantung, otot dan syaraf. Sedangkan tulang adalah seperti wadah yang digunakan dalam menyimpan kalsium dan fosfor. Sehingga, saat organ-organ tersebut membutuhkan kalsium, organ-organ tersebut akan mengambilnya dari tulang. Dengan kata lain, kadar kalsium yang rendah dalam tubuh dan organ yang akan tetap mengambil kalsium dari tulang, tentu akan menyebabkan tulang menipis hingga memudahkannya patah. Selain kalsium, keberadaan kandungan fosfor dan vitamin D yang cukup dalam tubuh juga sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang.




3. Aktivitas Fisik Yang Rendah

Melakukan aktivitas fisik yang sedikit dapat menjadi penyebab tulang keropos karena semakin jarangnya tulang digunakan, maka tulang akan semakin lemah.

4. Kebiasaan Merokok

Beberapa penelitian berhasil mengungkapkan bahwa keracunan nikotin pada sel tulang dapat menyebabkan tubuh jadi mengalami kesulitan dalam menggunakan estrogen, kalsium, dan vitamin D yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang.


Cara Mencegah Osteoporosis

Jika Anda benar dinyatakan mengalami pengeroposan tulang, dokter akan menentukan rencana perawatan terbaik berdasarkan kondisi kesehatan Anda. Biasanya, akan dianjurkan untuk mengubah gaya hidup demi menurunkan risiko patah tulang.

Perubahan gaya hidup yang dapat membantu pengobatan osteoporosis adalah:

1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga tidak hanya meningkatkan kesehatan tulang Anda, Tamun juga meningkatkan kekuatan, koordinasi, dan keseimbangan otot, dan meningkatkan kesehatan Anda. Walaupun olahraga baik untuk orang dengan osteoporosis, tidak sebaiknya olahraga dilakukan mendadak atau berlebihan menyiksa tulang Anda.

2. Memenuhi Asupan Klsium dan Vitamin D

Sebaiknya penuhi kebutuhan kalsium (minimal 1200 mg/hari) dan vitamin D (minimal 800 IU/hari). Pilih sumber makanan yang mengandung berbagai vitamin, mineral, serta beragam nutrisi penting lainnya untuk tubuh. Ambil contoh seperti produk susu rendah lemak, sayuran berdaun hijau gelap, tahu, tempe, serta berbagai olahan kedelai.

Jika perlu, Anda bisa minum suplemen kalsium dapat meningkatkan asupan kalsium, dan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Anda bisa mengonsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk menentukan kebutuhan penggunaan suplemen kalsium. Selain itu, berhenti merokok, menghentikan konsumsi alkohol, serta rutin melakukan terapi dapat membantu memperlambat atau menghentikan pengeroposan tulang untuk mencegah patah tulang sekaligus menurunkan risiko terjatuh. 

3. Obat

Dokter juga bisa meresepkan obat untuk membantu menjaga kepadatan dan komposisi tulang. Obat yang umum digunakan untuk osteoporosis adalah bifosfonat. Obat ini bisa diberikan dengan cara diminum lewat mulut (oral) maupun melalui suntikan (injeksi).

Tujuannya untuk membantu mencegah dan memperlambat hilangnya masa tulang, serta merangsang peningkatan masa tulang serta pembentukan tulang baru. Berbagai macam obat bifosfonat meliputi:

  • Alendronic Acid (Fosamax)
  • Ibandronic Acid (Boniva)
  • Zoledronic Acid (Reclast)

4. Terapi Hormon 

Jika pengeroposan tulang yang Anda alami disebabkan oleh rendahnya kadar hormon tertentu, dokter biasanya akan menyarankan terapi hormon. Terapi ini bisa membantu meningkatkan kadar hormon rendah pada pria dan wanita.

Pada pria, osteoporosis dapat berkaitan dengan penurunan kadar testosteron seiring bertambahnya usia. Terapi penggantian testosteron dapat membantu meningkatkan kadar testosteron. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum minum obat atau melakukan pengobatan untuk membantu memulihkan osteoporosis. Kenali efek samping dan sesuaikan manfaat obat tersebut dengan  kondisi kesehatan tubuh Anda. 


referensi:

dr. Tania Savitri. 22 Agustus 2019. Cara Mencegah Osteoporosis

dr. Yusra Firdaus. 12 Juni 2019. Penyebab Tulang Keropos 

https://hellosehat.com/penyakit/osteoporosis-adalah-tulang-keropos/

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/penyebab-tulang-keropos/